RPP KELAS IX SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP

:

SMP N 1 KAJEN

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Kelas/Semester

:

IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet

Kompetensi Dasar

:

1.1. Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet

Indikator

:

1.1.1   Menjelaskan pengertian internet

1.1.2   Menjelaskan pengertian intranet

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit

 

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :

·     Menjelaskan pengertian internet dengan benar

·     Menjelaskan pengertian intranet dengan benar

·     Menceritakan sejarah perkembangan internet

·     Menjelaskan fungsi-fungsi layanan dalam internet

·     Menjelaskan manfaat internet

·     Menjelaskan efek negatif internet

 

B.     Materi Pembelajaran

·     Pengertian Internet/intranet

·     Sejarah perkembangan internet

·     Fungsi-fungsi layanan internet

·     Manfaat dari penggunaan internet

·     Dampak negatif dari penggunaan internet

 

C.    Metode Pembelajaran

Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)

Model         : Cooperatif Learning

 

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi yang dapat digunakan untuk internet

·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

·     Membentuk kelompok diskusi

 

2.   Kegiatan Inti

·     Melalui kelompok peserta didik mencari dan menemukan istilah internet/intranet dengan menggunakan LKS

·     Mencari informasi dari sumber belajar tentang sejarah perkembangan internet

·     Menemukan fungsi-fungsi layanan dalam internet

·     Mencari informasi dari sumber belajar tentang manfaat penggunaan internet

·     Menemukan dampak negatif dari penggunaan internet

·     Kelompok membuat resume dari diskusi kelompok yang dilakukan

·     Masing-maing kelompok melakukan presentasi di depan kelas

 

  1. Kegiatan penutup

·   Menarik kesimpulan dari diskusi yang dilakukan

 

E.     Sumber Belajar

Buku TIK yang relevan, lembar kerja, buku pengenalan internet.

 

 

 

F.     Penilaian

1. Teknik

      Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen

            Tes Uraian

3. Instrumen/Soal

      1. Jelaskan pengertian Internet!

      2. Jelaskan pengertian Intranet!

      3. Jelaskan sejarah perkembangan internet!

      4. Sebutkan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari

      5. Sebutkan dampak negatif adanya internet

 

 

 

 

 

                                                                                                Kajen, Juli 2008

      Mengetahui:

      Kepala SMP N 1 KAJEN                                                   Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

      DRS. M. CHOIRUL ARIFIN                                             HERY AFIANTO, S.Pd

      NIP. 131786632                                                                  NIP. 500124003

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP

:

SMP N 1 KAJEN

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Kelas/Semester

:

IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet

Kompetensi Dasar

:

1.2.   Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/Intranet

Indikator

:

1.2.1   Menyebutkan jenis-jenis jaringan

1.2.2   Menyebutkan macam-macam topologi jaringan

1.2.3   Menjelaskan proses terbentuknya jaringan internet

Alokasi Waktu

:

4 x 40 menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Melalui studi pustaka, peserta didik mampu :

·     Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan komputer dengan benar

·     Menggambar topologi jaringan komputer

·     Menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer yang dapat digunakan untuk internet

·     Menjelaskan proses terbentuknya jaringan internet/intraner

 

B.     Materi Pembelajaran

·     Dasar-dasar jaringan komputer

·     Proses terbentuknya jaringan internet/intranet

 

C.    Metode Pembelajaran

Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)

Model         : Cooperatif Learning

 

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

pertemuan pertama ( 2 x 40 )

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang pengertian internet/intranet

·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2.   Kegiatan Inti

·     Menyajikan model/jenis-jenis jaringan komputer yang ada

·     Mengamati visualisasi jenis-jenis jaringan komputer (workgroup, LAN, MAN, WAN)

·     Menyajikan Macam-macam topologi jaringan komputer yang ada

·     Mengamati visualisasi macam-macam topologi jaringan komputer (BUS, RING, STAR, dll)

 

3.   Kegiatan penutup

·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

·   Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet

 

pertemuan kedua ( 2 x 40 )

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang dasar-dasar jaringan komputer

·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2.   Kegiatan Inti

·     Menyajikan model proses terbentuknya jaringan internet/intranet

·     Mengamati proses terbentuknya jaringan internet

·     Menampilkan simulasi proses terbentuknya jaringan internet-intranet dari jenis-jenis jaringan komputer dan macam-macam topologi jaringan komputer macam-macam.

·     Menemukan jenis dan macam jaringan komputer untuk terhubung dengan internet

3.   Kegiatan penutup

·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

·   Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet

 

 

E.     Sumber Belajar

Perangkat jaringan komputer, lembar kerja, buku TIK yang relevan, tayangan/visualisasi.

 

F.     Penilaian

1. Teknik

      Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen

            Tes Uraian

3. Contoh Instrumen

      1. Sebutkan jenis-jenis jaringan komputer!

      2. Sebutkan topologi jaringan komputer!

      3. Jelaskan proses terbentuknya jaringan internet/intranet!

 

 

 

 

 

 

                                                                                                Kajen, Juli 2008

      Mengetahui:

      Kepala SMP N 1 KAJEN                                                   Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

      DRS. M. CHOIRUL ARIFIN                                             HERY AFIANTO, S.Pd

      NIP. 131786632                                                                  NIP. 500124003

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP

:

SMP N 1 KAJEN

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Kelas/Semester

:

IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1.      Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet

Kompetensi Dasar

:

1.3.   Mengenal ukuran kecepatan akses Internet

Indikator

:

1.3.1   Menyebutkan ukuran kecepatan akses internet

1.3.2   Menyebutkan jenis-jenis modem untuk akses internet

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Melalui studi pustaka , peserta didik mampu :

·         Mengetahui ukuran kecepatan akses internet

·         Menentukan ukuran kecepatan akses internet berdasarkan modem yang digunakan.

 

B.     Materi Pembelajaran

·         Ukuran kecepatan akses internet 

 

C.    Metode Pembelajaran

Pendekatan :Contekstual Teaching Learning (CTL)

Model         : Cooperative learning

 

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

pertemuan pertama ( 2 x 40 )

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Mengingatkan kembali materi dasar-dasar jaringan internet/intranet

·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2.   Kegiatan Inti

·     Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet

·     Mencari faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet

 

  1. Kegiatan penutup

·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

·   Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

 

E.     Sumber Belajar

Modem, lembar kerja, buku TIK yang relefan, koneksi internet.

 

F.     Penilaian

1. Teknik

      Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen

            Uraian

3. Contoh Instrumen

1.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet!

2.      Sebutkan jenis-jenis modem beserta ukuran kecepatannya untuk akses internet!

 

                                                                       

 

 

 

 

                                                                                        Mengetahui:                                                               

                                                                                        Kajen, Juli 2008

      Mengetahui:

      Kepala SMP N 1 KAJEN                                            Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

      DRS. M. CHOIRUL ARIFIN                                       HERY AFIANTO, S.Pd

      NIP. 131786632                                                            NIP. 500124003

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP

:

SMP N 1 KAJEN

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Kelas/Semester

:

IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1.      Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet

Kompetensi Dasar

:

1.4.   Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet

Indikator

:

1.4.1  Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses Internet

1.4.2  Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses intranet

Alokasi Waktu

:

4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

 

A.    Tujuan Pembelajaran

·         Melalui studi pustaka, peserta didik dapat enyebutkan perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet

·         Melalui pengamatan terhadap jaringan internet peserta didik dapat menunjukan perangkat keras untuk akses internet/ intranet.

 

B.     Materi Pembelajaran

·         Persyaratan perangkat keras internet/intranet

 

C.    Metode Pembelajaran

Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)

Model         : Cooperative Learning

 

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

pertemuan pertama ( 2 x 40 )

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

2.   Kegiatan Inti

·     Melakukan studi pustaka tentang fungsi dari perangkat yang digunakan untuk mengakses internet.

·     Disajikan gambar perangkat keras internet dan peserta didik mampu menjodohkannya dengan istilah yang telah ditentukan

·     Melalui studi pustaka peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari perangkat yang digunakan untuk mengakses internet

 

  1. Kegiatan penutup

·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

·   Menarik kesimpulan tentang perangkat keras akses internet

 

pertemuan kedua ( 2 x 40 )

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Menanyakan kembali mengenai materi yang pernah disampaikan pada pertemuan pertama

 

2.   Kegiatan Inti

·     Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang ada

·     Menunjukkan nama alat-alat untuk akses internet seperti modem, jaringan telepon dan lain – lain

·     Memberikan penjelasan mengenai fungsi perangkat keras

 

 

  1. Kegiatan penutup

·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

·   Menarik kesimpulan tentang perangkat keras yang dipakai untuk  akses internet

 

E.     Sumber Belajar

Komputer, buku mengenal internet, buku TIK yang relefan tampilan visual/ gambar.

 

 

F.     Penilaian

1. Teknik

      Tes Tertulis

2. Bentuk Instrumen

            Pilihan ganda / uraian

      3. Contoh Instrumen

1.   Tunjukkan perangkat-perangkat keras untuk akses internet!

 

Tes tertulis

1.      Berikut kebutuhan hardware yang bisa dial up dengan akses internet yang benar adalah ….

2.      Sebutkan dua macam modem yang kamu ketahui !

Lembar

Instrumen

Skala Kuantitas

Nilai

[(Jumlah / 8 )x10]

4

3

2

1

Menunjukkan perangkat keras untuk akses internet serta menjelaskan fugsinya masing-masing

 

 

 

 

 

1. Modem External

 

 

 

 

 

2. Modem Internal

 

 

 

 

 

3. Lan Card

 

 

 

 

 

4. Komputer

 

 

 

 

 

5. Kabel UTP (Unshield Twist Pair)

 

 

 

 

 

6. Wireles adapter

 

 

 

 

 

7. Konektor RJ 45

 

 

 

 

 

8. Switching

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                Kajen, Juli 2008

      Mengetahui:

      Kepala SMP N 1 KAJEN                                                   Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

      DRS. M. CHOIRUL ARIFIN                                             HERY AFIANTO, S.Pd

      NIP. 131786632                                                                  NIP. 500124003

 

 

 

           

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP

:

SMP N 1 KAJEN

Mata Pelajaran

:

Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)

Kelas/Semester

:

IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi

:

1.     Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet

Kompetensi Dasar

:

1.5.  Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet

Indikator

:

1.5.1  Menjelaskan beberapa cara penyambungan internet/ intranet

1.5.2  Melakukan sambungan internet menggunakan Dial-Up

Alokasi Waktu

:

4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

·         Dengan melalui studi pustaka peserta didikdapat menjelaskan beberapa cara sambungan internet

·         Melalui simulasi dapat melakukan sambungan Dial-Up

·         Dengan pengalaman simulasi dapat melakukan sambungan di lab. Computer secara Dial-Up

 

B.  Materi Pembelajaran

·         Penyambungan Internet / Intranet

 

C.  Metode Pembelajaran

Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)

Model         : Cooperative Learning

 

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

pertemuan pertama ( 2 x 40 )

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

·     Menanyakan tentang prasyarat menggunakan akses internet

 

2.   Kegiatan Inti

·     Mencari informasi di media cetak untuk memperoleh berbagai cara sambungan internet

·     Menayangkan contoh sambungan internet / intranet

·     Menjelaskan berbagai cara penyambungan internet

·     Mengerjakan lembaran kerja

 

3.  Kegiatan penutup

·   Melakukan refleksi bersama tentang pelajaran yang baru disampaikan

·   Membuat kesimpulan

·   Memberi tugas

 

Perteman kedua (2 x 40)

1.   Kegiatan pendahuluan

·     Mendeskripsikan tugas minggu lalu

 

2.   Kegiatan Inti

·     Peserta didik membentuk kelompok

·     Melakukan penyambungan internet secara Dial-Up

·     Memandu kelompok yang mengalami kesuitan tentang penyambungan dial up antar kelompok dengan guru

·     Memberikan penghargaan kepada kelompok atau siswa

  1. Kegiatan penutup

a. Mendeskripsikan kembali langkah – langkah tentang penyambungan Dial-Up

b. Membuat kesimpulan

 

 

 

E.       Sumber Belajar

Komputer, lembar kerja, buku TIK yang relefan, koneksi internet.

 

F.       Penilaian

1. Teknik

      Tes tertulis

      Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen

            Uraian

      3. Soal Instrumen

      Uraian

   - Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan Dial-Up

   Uji prosedur

- Melakukan penyambungan internet menggunakan Dial-Up

 

Rubrik Uji Prosedur

Instrumen

Skala Kuantitas

Nilai 1

[(Jumlah-skor/12 )x10]

1

2

3

4

Melakukan setting Dial-Up

 

 

 

 

 

1.     Sebutkan alat bantu yang dapat digunakan untuk mengakses internet !

2.     Jelaskan cara memperoleh sambungan lewat ISP !

3.     Jelaskan langkah-langkah koneksi internet melalui telkomnet@instan

 

 

 

 

 

 

Keterangan :                                                   

Penilaian

Nilai KD = (Nilai 1 + Nilai 2)/2

 

 

 

 

                                                                                                Kajen, Juli 2008

      Mengetahui:

      Kepala SMP N 1 KAJEN                                                   Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

      DRS. M. CHOIRUL ARIFIN                                             HERY AFIANTO, S.Pd

      NIP. 131786632                                                                  NIP. 500124003

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: